Tahukah Anda bahwa Jasa Raharja senantiasa di sisi kita ?

Sekilas tentang Jasa Raharja senantiasa di sisi kita

Kita sering mendengan nama Jasa Raharja. Siapakah dia? Jasa Raharja adalah perusahaan yang aktivitasnya Melaksanakan Asuransi Kecelakaan penumpang alat angkutan umum dan asuransi tanggung jawab menurut hukum terhadap pihak ketiga sebagaimana diatur UU No. 33 dan 34 tahun 1964 berikut peraturan pelaksanaannya. Tetapi apakah yang akan dilindungi adalah hanya penumang Angkutan umum? Ternyata tidak. Jasa Raharja menerima dana premi dari berbagai sektor, diantaranya adalah dari perusahaan-perusahaan angkutan umum plat kuning. Penumpang Angkutan umum yang menggunakan jasa Angkutan membayar tarif atau tiket sudah termasuk membayar premi asuransi Jasa Raharja. Maka dari pihak perusahaan yang akan menyalurkan premi yang dibayarkan oleh penumpang Angkutan umum ini kepada Jasa Raharja.

Selain dari sektor perusahaan Angutan Umum, Jasa Raharja juga menghimpun dana premi saat pemilik kendaraan bermotor (Mobil / Motor) membayar pajak kendaraan bermotor yang dimilikinya. Premi ini disebut dengan SWDKLLJ (Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan).

Apa manfaat dari Premi – premi yang kita bayarkan ini untuk diri kita?

Premi Asuransi yang kita bayarkan ke Jasa Raharja, akan kita terima sebagai bentuk santunan dari Jasa Raharja jika terjadi hal – hal yang tidak diinginkan saat berada di dalam perjalanan (Kecelakaan lalu lintas) baik Darat, Laut maupun lalu lintas Udara. Tetapi apakah semua kecelakaan lalu lintas akan mendapat santunan? Tentu tidak semuanya. Ada kasus kasus tertentu yang tidak mendapatkan jaminan santunan.

UNTUK KASUS KECELAKAAN TUNGGAL

Jika terjadi kecelakaan tunggal atas kendaraan bermotor, Jasa Raharja menjamin semua penumang angkutan umum yang menggunakan jasa angkutan umum PLAT KUNING. Sedangkan Penumpang angkutan umum Plat hitam seperti Ojek, Ojek Online, atau taxi online yang masih plat hitam tidak mendapatkan jaminan dari Jasa Raharja jika terjadi kecelakaan tunggal.

UNTUK KASUS KECELAKAAN ANTARA KENDARAAN BERMOTOR dengan KENDARAAN BERMOTOR.

Bentuk santunan yang diberikan oleh Jasa Raharja adalah bentuk santunan yang di berikan kepada korban dan sifatnya silang. Jika ada dua kendaraan bemotor terjadi tabrakan dan terjadi luka-luka atau meninggal Dunia terhadap penumpangnya , maka santunan yang diberikan adalah silang, Gambarannya Kendaraan A Menyantuni korban B dan Kendaraan B Menyantuni Korban A. Bentuk santunan dan perhitungannya adalah sesuai UU.

UNTUK KASUS KENDARAAN BERMOTOR MENABRAK PEJALAN KAKI ATAU PENGGUNA JALAN SELAIN KENDARAAN BERMOTOR

Untuk kasus Kendaraan bermotor yang mencelakakan pengguna selain pengguna kendaraan bermotor, maka santunan hanya akan diberikan kepada korban yang ditabrak saja.

Demikian sedikit gambaran mengenai Asuransi Jasa Raharja yang mungkin bisa menambah wawasan kita dan perlu kita ketahui bersama.

Perlu Software Akuntansi Online untuk perusahaan Anda? Kini telah hadir ACCURATE Cloud yang akan membantu bisnis Anda bisa Anda kontrol darimanapun anda berada.

Klik gambar dibawah ini untuk info lebih lengkap

ACCURATE online

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *