Dasar Utama Menjadi Seorang Wirausaha

Menjadi seorang wirausaha selalu dipersulitkan mengenai hal modal awal. Modal memang menjadi dasar untuk memulai membuka usaha. Jika modal menentukan seseorang untuk menjadi seorang wirausaha, mengapa sampai saat ini presentasi pengusaha di Indonesia masih terbilang minoritas? Namun, dasar utama menjadi seorang wirausaha tidak hanya terletak pada investasi modal saja.

  1. Mindset atau pola pikir adalah modal utama dalam menjalani suatu bisnis. Mindset yang mendorong untuk melakukan hal-hal yang menakjubkan. Sejak awal, pola pikir yang mengatur tingkat keberhasilan suatu usaha. Jika dari awal mindsetnya sudah tak terarah, sudah tidak optimis, tidak menutup kemungkinan usaha tersebut hanya bertahan sebentar. Pola pikir pengusaha harus luas, optimis, memikirkan jangka panjang untuk keberlangsungan perusahaannya.
  2. Pengetahuan atau keahlian merupakan hal yang menunjang berkembangnya suatu usaha. Anda memiliki pengetahuan mengenai kuliner, atau keahlian di bidang kuliner, itu adalah salah satu dasar utama menjadi seorang wirausaha. Ide-ide kreatif akan bermunculan karena sesuai dengan keahlian yang dimiliki, yang di senangi. Menjalani usaha sesuai dengan skill akan lebih mudah mengantarkan kepada langkah-langkah selanjutnya.  Seorang pengusaha memiliki keinginan untuk belajar lebih banyak lagi dan mengasah kemampuan yang ia miliki.
  3. Kerja keras adalah nafas dari seorang pengusaha. Apapun bentuk usaha yang saat ini Anda jalani, kerja keras merupakan nafas Anda dalam membentuk perusahaan tersebut. Maju dan berkembangnya usaha terletak pada kegigihan yang Anda miliki. Pantang menyerah, semangat, jatuh bangkit lagi, berusaha semaksimal mungkin, tak mengenal lelah. Tidak sedikit pengusaha gagal dalam berwirausaha hanya karena kerja keras yang ia lakukan tidak maksimal. Keyakinan, ketekunan, mental yang kuat menentukan berlangsungnya usaha tersebut.
  4. Hargai waktu yang Anda miliki. Sesingkat apapun waktu yang Anda miliki untuk mengupayakan kelangsungan usaha Anda, gunakan sebaik mungkin. Jangan sampai waktu yang mengatur kehidupan Anda, buatlah seperti Anda yang mengatur waktu. Hargai setiap detik waktu yang Anda miliki. Dapat di kutip dari Stephen R. Covey “Kuncinya terletak bukan pada bagaimana Anda menghabiskan waktu, namun dalam menginvestasikan waktu Anda”
0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *