3 Aplikasi Akuntansi di Indonesia Yang Masuk Top Brand

3 Aplikasi Akuntansi di Indonesia Yang Masuk Top Brand

TOP BRAND adalah sebuah penghargaan yang diberikan kepada merek-merek yang meraih TOP. Penghargaan ini diberikan berdasarkan penilaian yang diperoleh dari hasil survei berskala nasional di bawah penyelenggaraan Frontier Consulting Group.

 

1. ACCURATE ACCOUNTING

3 Aplikasi Akuntansi di Indonesia Yang Masuk Top BrandAccurate merupakan software akuntansi asli Indonesia sejak tahun 2000. Accurate sudah mendapatkan Top Brand sejak tahun 2016 hingga saat ini. Sistem yang diberikan oleh ACCURATE sangat mempermudah para user dalam menggunakan sistem tersebut. Membantu membuat pembukuan laporan keuangan yang menyajikan laporan keuangan secara detail dan realtime.

ACCURATE kini memiliki dua platform yaitu Accurate Desktop dan Accurate Online sehingga pengguna bisa memilih mana yang lebih cocok dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Software Accurate Desktop cocok dipakai oleh perusahaan yang hanya memiliki 1 kantor usaha dan seluruh aktivitas perusahaan dilakukan di kantor tersebut, sedangkan Accurate Online diperuntukkan bagi perusahaan yang memiliki beberapa cabang atau pimpinan perusahaan ingin pantau aktifitas transaksi perusahaan dari manapun dan kapanpun. Fitur yang terdapat di Accurate sudah lengkap, jadi perusahaan hanya tinggal pakai saja. Kelebihan Accurate adalah bisa pakai secara gratis terlebih dahulu (trial).

Accurate telah digunakan lebih dari 300.000 perusahaan di Indonesia tercatat hingga akhir tahun 2017. Karena fitur yang terdapat didalamnya sangat sesuai dengan PSAK (Peraturan Standard Akuntansi Keuangan Indonesia) maka software ini masuk ke dalam kategori software terbanyak yang digunakan oleh perusahaan. Kemudian, Software Accurate juga telah diadopsi sebagai kurikulum Praktikum Lab Komputer Akuntansi lebih dari 70 Universitas Terkemuka dan ratusan SMK.

2. MYOB ACCOUNTING

MYOB adalah software asal dari Australia dan merupakan cikal bakal banyaknya software akuntansi yang berkembang di Indonesia. MYOB sudah lebih awal menguasai pangsa pasar software keuangan di Indonesia. Hanya saja di karena kan fiturnya yang merupakan buatan luar negeri, banyak perusahaan yang beralih dari MYOB ke Accurate karena Accurate lebih cepat dalam merespon perubahan peraturan akuntansi dan perpajakan (PSAK) di Indonesia dengan menerbitkan update software.

3. ZAHIR ACCOUNTING

Zahir accounting merupakan software asal dari Malaysia. Zahir sendiri menawarkan fitur dan modul yang hampir sama dengan Accurate. Perbedaannya adalah Zahir menjual software per modul-modul yang diperlukan oleh perusahaan, misalnya perusahaan hanya memerlukan modul Persediaan maka Zahir bisa menjual modul persediaan saja, demikian dengan modul yang lainnya. Menjual modul by request. Selain itu Zahir menggunakan Dongle (Semacam USB) dimana ketika ingin menggunakan software tersebut harus mencolokkan dongle nya terlebih dahulu sebagai akses penggunaan Licensenya. Hal ini berbeda dengan Accurate yang cukup menginstall aplikasinya saja tanpa harus menggunakan dongle dan penggunaan softwarenya hanya meregistrasikan kode License yang telah dimiliki. Zahir pun telah banyak dipakai di beberapa universitas sebagai mata kuliah praktikum lab komputer akuntansi.

3 Aplikasi Akuntansi di Indonesia Yang Masuk Top Brand

 

 

5 Jenis Laporan Keuangan Yang Wajib Dimiliki Oleh Bisnis UKM

5 Jenis Laporan Keuangan Yang Wajib Dimiliki Oleh Bisnis UKM

Dengan pencatatan dan pembukuan finansial yang memadai, bisnis yang baik memiliki pencatatan pengeluaran dan pemasukan usaha yang dapat dipantau secara detail. Selain itu, pembukuan yang benar juga akan bermanfaat dalam membantu mengambil keputusan dan pertanggungjawaban bisnis.

Sebelum menyusun laporan keuangan, 5 hal ini wajib diketahui oleh bisnis UKM :

1. Bahasa Laporan Keuangan

Penggunaan bahasa yang digunakan harusa dapat menjamin bahawa informasi dalam bentuk pembukuan akan tersampaikan atau dapat dipahami secara tepat kepada pihak yang membaca laporan tersebut.

2. Mata Uang Yang Dipakai

Laporan keuangan yang dibuat hendaknya mencerminkan kondisi perusahaan yang sebenarnya. Termasuk dalam hal penggunaan mata uang.

Jika dalam transaksi sehari-harinya lebih banyak menggunakan mata uang Rupiah, seperti perusahaan pada umumnya di Indonesia, maka laporan keuangan yang disajikan juga dalam mata uang Rupiah. Sehingga, benar-benar mencerminkan kondisi yang sebenarnya. Jika memakai lebih dari satu mata uang dipakai, maka cari software akuntansi yang multi currency. Hal ini dapat membantu bisnis Anda jika mengalami perusabahan kurs yang berlaku

3. Selalu Mencatat Transaksi (Update)

Pencatatan transaksi harus selalu dilakukan setiap kejadiaanya dan tidak boleh melewatkan satu transaksi untuk dicatat. Jika hal ini dilakukan informasi mengenai aktifitas usaha bisa didapat.

4. Tidak Mencampur Keuangan Pribadi dan Perusahaan

Sekecil apapun perusahaan anda, jangan mencampur adukan seluruh aktivitas keuangan perusahaan dengan pribadi. Termasuk rekening pribadi dan rekening perusahaan harus dipisahkan. Hal ini dilakukan agar informasi keuangan perusahaan menggambarkan aktivitas keuangan perusahaan yang sesungguhnya

5. Komponen Laporan Keuangan Yang Lengkap

Komponen lengkap laporan keuangan terdiri dari : Laporan Neraca, Laporan Laba Rugi, Laporan Arus Kas, Laporan Perubahan Modal, Laporan Atas Laporan, Laporan Jurnal, Laporan Buku Besar

5 Jenis Laporan Keuangan Yang Wajib Dimiliki

Oleh Bisnis UKM

5 Jenis Laporan Keuangan Yang Wajib Dimiliki Oleh Bisnis UKM

Hanya dengan Accurate Online semua masalah mengenai pencatatan dan pembukuan akan terselesaikan dengan cepat. Dapat diakses dimana saja, kapan saja, dengan smartphone yang Anda miliki dapat memantau bisnis Anda secara realtime.

 

Cara Membuat Pembukuan Sederhana Untuk Memulai Bisnis Kecil

Cara Membuat Pembukuan Sederhana Untuk Memulai Bisnis Kecil

Cara Membuat Pembukuan Sederhana Untuk Memulai Bisnis Kecil

Membuka bisnis kuliner memang sangat menjanjikan. Dengan modal yang kecil sudah dapat membuka bisnis kuliner seperti mie ayam. Siapa sangka dengan usaha mie ayam dapat menghasilkan omset yang besar. Untuk menghasilkan omset yang besar dan dijadikan sebagai peluang bisnis jangka panjang, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan menjadi pusat utama agar tidak terjadi pembengkakan pengeluaran daripada pendapatan.

Laporan detail berapa jumlah pemasukan dan pengeluaran setiap harinya. Lalu melihat sisa stok yang tersedia untuk mengantisipasi kalau stok ternyata sudah habis namun tidak ada yang tahu. Ini hal kecil tapi bahaya untuk bisnis yang baru saja mulai.

Bukan tentang pemasukan dan pengeluaran saja yang Anda pikirkan. Tapi bagaimana arus kas yang terjadi? Aman atau Bahaya? pendapatan besar belum tentu usahanya berjalan lancar dan bertahan kan?

Hal kecil yang menjadi masalah semua pebisnis adalah mengabaikan laporan-laporan kecil usaha yang dimiliki. Menjadi bumerang bagi usahanya dan endingnya malah tergerus oleh pesaing lain. Sebelum itu terjadi pada Anda lebih baik Anda mulai rutin untuk memperhatikan laporan bisnis Anda.

Bagaimana jika Anda sebagai owner sekaligus karyawan di usaha tersebut? Apakah Anda memiliki waktu yang banyak untuk mengurusi hal seperti pembukuan? Pengusaha enggan melakukan pembukuan karena ribet, biaya dan waktu yang minim.

Cara Membuat Pembukuan Sederhana

Untuk Memulai Bisnis Kecil

Alasan yang sering pengusaha enggan melakukan pembukuan :

  1. Ribet : melakukan pencatatan untuk pembukuan merasa ribet, sebagian para pengusaha UKM bukanlah berlatar belakang pendidikan akuntansi, sehingga ia malas membuat pembukuan, karena merasa tidak mengerti dengan proses akuntansi.
  2. Biaya : meskipun melakukan pembukuan sederhana, pengusaha UKM berfikir memerlukan orang untuk melakukan pencatatan transaksi yang mengerti tentang akuntansi, tentu saja memerlukan biaya untuk membayar orang tersebut.
  3. Waktu : melakukan pembukuan sederhana memerlukan waktu yang cukup lama, karena mulai dari pencatatan keluar masuknya uang, kemudian ke stok barang, jumlah orderan yang masuk dari mulai buka toko hingga tutup toko. Hal ini menyita waktu pengusaha UKM.

Cara mengatasi masalah tersebut terjawab di video ini :

Sudah banyak solusi ini diterapkan oleh pengusahan untuk bisnisnya dan menjawab keresahan para pengusaha yang hanya memiliki waktu yang terbatas. Tidak perlu menyediakan berbagai jenis buku untuk mencatat transaksi, cukup dengan Accurate Online cocok untuk UKM. Mudah bukan ?

Accurate Online Hadir di Kota Bandung

Accurate Online Hadir di Kota Bandung

BANDUNG… kota yang sering disebut dengan Kota Kembang. Sudah pernah main ke Bandung? Hati-hati kalau main ke Bandung, bisa baper heheh disana orangnya ramah-ramah dan banyak kuliner yang bisa dinikmati.

Accurate Online Hadir di Kota Bandung

Accurate Online di Kota Bandung

Bisa dibayangkan berapa banyak pengusaha yang membangun bisnisnya di kota Bandung. Memanfaatkan fasilitas dan tentu saja target pasar yang sesuai. Selain kuliner, tidak kalah mengenai fashion yang ditampilkan oleh pebisnis di kota Bandung. “Tiada hari tanpa closing” itulah yang dirasakan oleh pebisnis di kota Bandung.

Sudah banyak pengguna Accurate Online dari kota Bandung untuk membantu mengelola bisnisnya. Kini Accurate Online hadir di kota Bandung. Accurate Online memiliki fitu yang memudahkan bisnis Anda memantau cabang di seluruh Indonesia.

Berikut Fitur Unggulan Accurate Online :

  • Backup Otomatis
  • Digital Approval
  • Multi User
  • Secure Enscryption
  • Export E-Faktur
  • Multi Currency

 

Accurate Software di Jakarta

Accurate Software di Jakarta

Accurate Accounting Software merupakan software akuntansi atau pembukuan yang menyajikan laporan keuangan secara real time dan sesuai dengan PSAK (Peraturan Standard Akuntansi Keuangan Indonesia). Selain itu, Software Accurate telah mendapatkan penghargaan TOP BRAND pada acara Top Brand Awards tahun 2017.

Accurate Online dapat di akses dimana saja dan dapat digunakan untuk perusahaan yang memiliki banyak cabang.

Accurate Software di Jakarta

Accurate Software di Jakarta

Jika Anda memiliki banyak cabang lalu ingin melihat laporan percabang setiap bulannya, mudah sekali dengan Accurate Online. Anda dapat melihat laporan percabang tanpa harus visit ke setiap cabang. Dapat diakses dimana saja dan kapan saja. Kalau ada yang otomatis, kenapa harus manual?

MAU COBA GRATIS ONLINE

Accurate Software di Jakarta

Accurate Software di Jakarta

Berikut Fitur Unggulan Accurate Online :

  • Backup Otomatis
  • Digital Approval
  • Multi User
  • Secure Enscryption
  • Export E-Faktur
  • Multi Currency

Info lengkapnya silahkan klik di sini atau bisa coba gratis

Accurate Software di Jakarta

Accurate Software di Jakarta

Software Akuntansi Yang Paling Banyak Dipakai Oleh Perusahaan di Indonesia

Software Akuntansi Itu Apa?

Software akuntansi adalah program komputer yang bertujuan untuk mengumpulkan semua transaksi yang terjadi di perusahaan dan memproses otomatis menjadi jurnal akuntansi kemudain menghasilkan Laporan Keuangan yang secara utuh. Beberapa user dapat bekerja secara bersamaan tanpa mengganggu pekerjaan masing-masing dan saling mengupdate data ke dalam satu database tersebut, lalu akan menjadi Laporan yang utuh tanpa harus menghitung secara manual.

Ada beberapa software akuntansi yang banyak digunakan oleh perusahaan, baik UMKM maupun perusahaan besar. Berikut tiga software akuntansi yang paling banyak digunakan oleh perusahaan :

SOFTWARE ACCURATE

Software Accurate adalah software akuntansi paket buatan asli Indonesia (Lokal) yang dikembangkan putra-putri bangsa dikelola oleh PT. Cipta Piranti Sejahtera sejak tahun 2000. Accurate telah digunakan lebih dari 300.000 perusahaan di Indonesia tercatat hingga akhir tahun 2017. Karena fitur yang terdapat didalamnya sangat sesuai dengan PSAK (Peraturan Standard Akuntansi Keuangan Indonesia) maka software ini masuk ke dalam kategori software terbanyak yang digunakan oleh perusahaan. Kemudian, Software Accurate juga telah diadopsi sebagai kurikulum Praktikum Lab Komputer Akuntansi lebih dari 70 Universitas Terkemuka dan ratusan SMK. Selain itu, Software Accurate telah mendapatkan penghargaan TOP BRAND pada acara Top Brand Awards tahun 2017.

Accurate Online

Accurate telah merilis software dalam 2 platform yaitu, Accurate Desktop dan Accurate Online sehingga pengguna bisa memilih mana yang lebih cocok dan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Software Accurate Desktop cocok dipakai oleh perusahaan yang hanya memiliki 1 kantor usaha dan seluruh aktivitas perusahaan dilakukan di kantor tersebut, sedangkan Accurate Online diperuntukkan bagi perusahaan yang memiliki beberapa cabang atau pimpinan perusahaan ingin pantau aktifitas transaksi perusahaan dari manapun dan kapanpun. Fitur yang terdapat di Accurate sudah lengkap, jadi perusahaan hanya tinggal pakai saja. Kelebihan Accurate adalah bisa pakai secara gratis terlebih dahulu (trial)

ZAHIR ACCOUNTING

Zahir accounting merupakan software asal dari Malaysia. Zahir sendiri menawarkan fitur dan modul yang hampir sama dengan Accurate. Perbedaannya adalah Zahir menjual software per modul-modul yang diperlukan oleh perusahaan, misalnya perusahaan hanya memerlukan modul Persediaan maka Zahir bisa menjual modul persediaan saja, demikian dengan modul yang lainnya. Menjual modul by request. Selain itu Zahir menggunakan Dongle (Semacam USB) dimana ketika ingin menggunakan software tersebut harus mencolokkan dongle nya terlebih dahulu sebagai akses penggunaan Licensenya. Hal ini berbeda dengan Accurate yang cukup menginstall aplikasinya saja tanpa harus menggunakan dongle dan penggunaan softwarenya hanya meregistrasikan kode License yang telah dimiliki. Zahir pun telah banyak dipakai di beberapa universitas sebagai mata kuliah praktikum lab komputer akuntansi.

MYOB ACCOUNTING

MYOB adalah software asal dari Australia dan merupakan cikal bakal banyaknya software akuntansi yang berkembang di Indonesia. MYOB sudah lebih awal menguasai pangsa pasar software keuangan di Indonesia. Hanya saja di karena kan fiturnya yang merupakan buatan luar negeri, banyak perusahaan yang beralih dari MYOB ke Accurate karena Accurate lebih cepat dalam merespon perubahan peraturan akuntansi dan perpajakan (PSAK) di Indonesia dengan menerbitkan update software.

Itulah 3 software akuntansi teratas yang paling banyak dipakai oleh perusahaan di Indonesia semoga bisa dijadikan referensi dalam memilih software yang tepat untuk perusahaan Anda.

Efek Ngopi Bisa Bikin Bisnis Lancar

Kopi telah dicatat pada abad ke-9, pertama kali kopi hanya ada di Ethiopia, di mana biji-bijian asli ditanam oleh orang Ethiopia dataran tinggi. Tetapi, ketika bangsa Arab mulai meluaskan perdagangannya, biji kopi meluas sampai ke Afrika Utara dan biji kopi di sana ditanam secara massal.

Saat ini kopi telah dinikmati berbagai kalangan sebagai minuman pelengkap. Bagi pecinta kopi, keberadaan kopi begitu hidup sebab penuh dengan filosofi dan perjalanan.

Kopi pertama hari ini. Gelap, hangat, tidak ingin habis. Seperti hening yang kita bagi, tiap perjalanan pulang ke rumahmu (Raditya Dika)

Saat traveling, rasanya tidak ada kota yang tidak memiliki kedai kopi, baik dalam bentuk lokal ataupun franchise internasional.

Efek ngopi bisa bikin bisnis lancar? Anda bisa menikmati kopi di manapun dan kapanpun Anda mau. Seperti bisnis Anda, bisa dipantau dimanapun dan kapanpun Anda mau hanya dengan Accurate Online kerjaan pun bereessss…

Bisnis Kopi Pake Accurate Online

 

Software Bajakan Akan Membajak Perusahaan Anda !

Pernahkan Anda mengalami menggunakan software bajakan untuk perusahaan hanya karena harga lebih murah? Hemmm jika itu terjadi, Cepatlah Bertaubat! Kenapa? Karena Anda telah menjerumuskan perusahaan Anda sendiri untuk terjebak dalam kesulitan melancarkan pembukuan perusahaan Anda.

Tanpa Anda sadari, menggunakan software bajakan bukanlah solusi untuk membantu merapihkan pembukuan perusahaan, software bajakan dapat membajak perusahaan Anda yang akan menimbulkan kerugian besar bagi perusahaan. Yap, sekarang mungkin perusahaan Anda sedang mengalami stabilitas, tapi sampai kapan Anda menggunakan software bajakan jika hanya mendapatkan keuntungan sesaat?

Software Original memang harganya sedikit lebih tinggi dibandingkan software bajakan. Namun bisa dibayangkan, dengan menggunakan software original keuntungan yang Anda dapatkan bahkan jauh lebih besar dibandingkan harga yang Anda tawarkan. Mengapa? Anda mendapatkan supporting seumur hidup selama Anda menggunakan software tersebut. Membajak database perusahaan Anda tidak akan terjadi karena sebelum Anda membeli software original terdapat syarat dan ketentuan yang harus disepakati. Tentunya ini pun menyangkut dengan hak konsumen serta kerahasiaan data perusahaan. Memiliki tim yang akan membantu Anda jika mengalami kendala dalam menggunakan software tersebut. Software original memiliki perizinan legalitas mengenai software tersebut. Lalu masihkah Anda tetap menggunakan software bajakan?

 

Pilih Keluarga atau Perusahaan?

Pasti rasanya sangat tidak menyenangkan memiliki banyak waktu untuk bekerja namun tidak ada waktu untuk keluarga. Sedih? Yassss sangat sedih. Berangkat kerja di pagi hari, lalu pulang larut malam. Seperti itu aktivitas setiap hari untuk memastikan bahwa perusahaan berjalan dengan baik dan lancar. Namun bagaimana dengan kabar keluarga? Sebagai orang yang bertanggung jawab demi umur panjang perusahaan, maka tentunya Anda harus mengetahui Laporan yang terdapat di perusahaan. Laporan keuangan, barang masuk dan keluar, customer loyalitas, bahkan, arus kas. Bagaimana cara mengetahui laporan semua itu, apakah harus setiap hari ke kantor untuk cek laporannya? Lalu kembali lagi, kurangnya waktu untuk keluarga. Disini, Accurate Online membantu Anda untuk berkumpul dengan keluarga tanpa melepaskan tanggung jawab Anda di perusahaan. Kini dengan Accurate Online perusahaan berada di genggaman tangan Anda. Cek laporan setiap saat, keluarga senang, perusahaan lancar, Anda pun tenang 🙂 Coba Gratis Yuk !!

Fitur Multi Currency dan Auto Conversion di Accurate Online

Bagi pengusaha yang menjalankan usaha dengan melibatkan transaksi dengan mata uang asing, tentulah sangat pusing untuk menghitung Hpp barang karena gejolak naik turunnya Nilai tukar Rupiah terhadap US Dollar dan mata uang lainnya. Namun tidak demikian jika pembukuan keuangan perusahaan Anda menggunakan Accurate Online.

Karena di Accurate Online terdapat fitur Multi Currency dan Auto Conversion. Sehingga akan langsung terhitung laba rugi selisih kurs jika ada perbedaan antara kurs faktur dengan kurs pembayaran, serta kurs akhir bulan. Enak kan? Mudah kan?

Yuk coba pakai Accurate Online sekarang, Coba Trial Gratis !!