Aplikasi Akuntansi Untuk Pengusaha

Sistem akuntansi merupakan sebuah perangkat lunak yang memudahkan pengusaha dalam mengelola berbagai proses yang berkaitan dengan keuangan, menyelesaikan tugas-tugas finansial dengan benar dan cepat. Sistem ini tidak menggantikan peran manajer akuntansi dalam mengelola keuangan organisasi, tetapi justru akan memudahkan pekerjaan mereka sehingga dapat bekerja lebih produktif. Tanpa bantuan sistem akuntansi, para pengusaha atau manajer akuntansi dapat menghabiskan banyak waktu dalam membuat laporan keuangan, dan lain sebagainya. Dengan memanfaatkan software atau aplikasi akuntansi, maka para pengusaha akan mendapatkan visibilitas secara lengkap mengenai kondisi keuangan bisnis atau perusahaan. Sehingga keputusan dapat dibuat secara lebih bijaksana.

Aplikasi akuntansi sepertinya memang tidak dapat dipisahkan oleh ilmu akuntansi, mengingat banyak sekali manfaat yang diberikan oleh aplikasi tersebut. Dengan menguasai aplikasi akuntansi, maka Anda akan lebih mudah dalam memecahkan masalah perhitungan dalam sebuah kasus. Sebenarnya memahami aplikasi akuntansi tidak hanya dilakukan bagi mereka yang akan memasuki dunia kerja, namun juga penting bagi Anda yang memang bergelut di dalam dunia bisnis baik yang berskala kecil maupun besar.

Mengenal Software Akuntansi

Software akuntansi atau sistem akuntansi merupakan suatu perangkat lunak yang dirancang untuk profesional akuntansi yang digunakan untuk mengelola akun dan menyederhanakan operasional keuangan dalam suatu bisnis, perusahaan, atau organisasi. Sistem akuntansi yang sederhana pada umumnya berupa program entri tunggal sederhana yang digunakan untuk penyimpanan data individu. Sementara sistem akuntansi yang lebih canggih dapat digunakan untuk mengelola utang dan piutang, buku besar, faktur, gaji, dan lain sebagainya.  Hingga saat ini, sistem akuntansi merupakan perangkat lunak yang krusial bagi jenis bisnis apapun. Perangkat lunak ini akan memungkinkan pelacakan transaksi keuangan secara lebih terperinci. Selain itu, pembuatan berbagai laporan keuangan juga dapat dilakukan secara instan.

Sebelum ada aplikasi keuangan, tugas-tugas keuangan harus dilakukan secara manual hanya menggunakan jurnal transaksi besar. Pembuatan laporan tersebut dianggap tidak praktis, karena manajer akuntansi harus mengonsolidasikan entri secara manual. Kemudian aplikasi akuntansi atau keuangan dapat mengotomatiskan tugas-tugas tersebut. Dan dapat mengurangi biaya akuntansi, serta memungkinkan pengambilan keputusan finansial yang lebih baik melalui pelaporan secara realtime.

Manfaat Penggunaan Software Akuntansi

Ada beberapa manfaat penting yang dapat diberikan oleh software atau aplikasi akuntansi pada bisnis Anda, yaitu:

  1. Dapat memastikan financial control secara otomatis dan lebih baik.
  2. Dapat menghemat biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan yang berkaitan dengan pencetakan dan pemberian dokumentasi. Karena seluruh data akan disimpan secara digital di lokasi yang aman dan terpantau.
  3. Meningkatkan akurasi data dan dapat meminimalkan human error yang biasa terjadi saat penghitungan dan entri data.
  4. Mempermudah dalam mengembangkan strategi, mengalokasikan sumber data dengan tepat, serta memudahkan dalam pengambilan keputusan.
  5. Meningkatkan keamanan data perusahaan yang bersifat konfidensial. Sistem akuntansi akan memastikan data keuangan Anda tetap aman dengan menyimpannya di dalam sebuah sistem terpusat yang terlindungi oleh firewall.
  6. Dapat meningkatkan produktivitas karyawan. Semua tugas keuangan dapat dikerjakan secara otomatis sehingga karyawan Anda dapat melakukan tugas pekerjaan lainnya yang bernilai lebih untuk bisnis Anda.

Memahami & Menguasai Sistem Akuntansi

Saat ini sudah banyak aplikasi akuntansi yang telah beredar dengan berbagai spesifikasi dan fitur. Berikut ini adalah beberapa fungsi dalam aplikasi akuntansi yang sering digunakan untuk membantu perusahaan agar dapat mengelola keuangan secara lebih baik:

  1. Neraca keuangan
  2. Inventory
  3. Purchasing
  4. Penjualan
  5. Stock opname

Menguasai aplikasi akuntansi menjadi salah satu hal yang sangat penting. Hal ini disebabkan karena adanya kemudahan dalam mengecek semua transaksi dan manfaat lainnya. Termasuk melakukan perencanaan keuangan yang tepat dan cepat. Berikut ini ada beberapa hal penting mengapa aplikasi ini menjadi sebuah hal yang harus dikuasai dengan baik:

1. Mengetahui status keuangan perusahaan

Software akuntansi penting untuk dikuasai karena penggunaan software ini akan membantu Anda dalam mengetahui status keuangan di perusahaan. Anda juga akan memahami berbagai informasi dalam hal keuangan, seperti aset, ekuitas perusahaan, dan lainnya. Selain itu, Anda juga akan lebih mudah dalam membaca kinerja perusahaan yang dilihat tidak hanya dari nominal uang saja.

2. Menentukan tingkat risiko

Jika Anda telah menguasai aplikasi akuntansi, maka Anda juga akan mampu dalam menentukan tingkat risiko dari sebuah perencanaan di perusahaan. Bahkan dengan cara ini, Anda juga dapat membaca sebuah perusahaan hanya dengan melihat laporannya saja. Menariknya lagi, dengan menguasai aplikasi tersebut, Anda juga akan memiliki kewenangan untuk memutuskan apakah sebuah perusahaan dapat meminjam dana atau tidak. Jika memang sebuah perusahaan dalam kondisi kesulitan dari sisi keuangan, maka peminjaman dana untuk kepentingan tertentu dapat ditolak. Karena hal tersebut dapat menyebabkan risiko tinggi pada keuangan perusahaan.

3. Mengetahui kekayaan perusahaan

Bagi Anda yang tidak menguasai aplikasi akuntansi, maka Anda tidak akan mengetahui tentang kekayaan perusahaan. Kekayaan perusahaan seringkali dikaitkan dengan banyaknya aktiva aktif yang dimiliki oleh perusahaan, banyaknya utang yang harus dibayarkan dan bagian apa saja yang dapat diinvestasikan untuk meningkatkan kinerja perusahaan. Dengan menguasai aplikasi tersebut, Anda dapat melakukan analisis terkait perubahan atas pasiva dan aktiva perusahaan dan dapat mengambil keputusan secara rasional. Mengingat pengambilan keputusan dapat dipengaruhi oleh banyak sekali perspektif.

4. Menyelesaikan perhitungan dengan cepat

Dengan memahami dan menguasai aplikasi atau software akuntansi, maka Anda dapat melakukan perhitungan keuangan dengan sangat cepat, tepat dan akurat. Perhitungan menggunakan software akuntansi dapat meminimalisir kesalahan yang akan berakibat sangat fatal bagi perusahaan. Oleh karena itu, semua perusahaan yang akan merekrut pegawai baru dalam bidang keuangan mewajibkan untuk mengetahui aplikasi atau software akuntansi.

5. Membuat sistem pembukuan secara rapi

Salah satu hal yang menjadi dasar mengapa Anda harus menguasai aplikasi atau software akuntansi adalah penggunaan aplikasi tersebut akan membantu Anda dalam membuat pembukuan yang lebih rapi. Untuk membuat pembukuan keuangan yang baik dan rapi, Anda dapat mengacu pada perhitungan yang dilakukan melalui aplikasi atau softwareakuntansi tersebut. Dengan begitu, semua data keuangan akan tercatat dengan sempurna.

6. Mengelola arus kas perusahaan

Alasan lainnya adalah, dengan bantuan aplikasi atau software akuntansi Anda dapat membuat laporan kas perusahaan secara baik dan tepat. Dengan begitu, pengelolaan arus kas perusahaan dapat berjalan dengan lancar. Selain itu, Anda dapat mempertanggungjawabkan keuangan perusahaan karena telah memiliki laporan keuangan yang akurat. Keuangan perusahaan apakah sudah dikelola dengan baik atau tidak tergantung dari pengelolaan yang dilakukan oleh bagian keuangan itu sendiri. Jika Anda tidak bisa melakukan tugas tersebut, maka bisa jadi keuangan perusahaan akan kacau.

Dengan memahami aplikasi akuntansi secara baik dan memahami bagaimana cara penggunaannya, maka Anda dapat  dengan mudah untuk mengendalikan jalannya bisnis. Sehingga tidak akan menyebabkan kemunduran dalam bisnis Anda. Karena jika Anda tidak memiliki kemampuan dalam menjalankan aplikasi akuntansi, maka Anda akan kebingungan saat diminta melaporkan kondisi keuangan perusahaan. Bahkan, ketika membuat laporan tersebut demi memenuhi tuntutan kerja, maka laporan yang Anda buat bisa jadi salah kaprah.

Ada banyak pilihan aplikasi akuntansi yang bisa Anda gunakan untuk pengelolaan keuangan pada bisnis Anda. Salah satunya adalah software akuntansi online Accurate. Hingga saat ini, Accurate telah digunakan dan dipercaya oleh ribuan pengguna. Accurate dirancang dan telah disesuaikan dengan kebutuhan para pebisnis dan pengusaha di Indonesia. Coba GRATIS sekarang juga selama 30 hari! Lihatlah bagaimana Jurnal akan memberikan banyak kemudahan dan keuntungan untuk menunjang kesuksesan bisnis Anda.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *