5 Jenis Laporan Keuangan Yang Wajib Dimiliki Oleh Bisnis UKM

5 Jenis Laporan Keuangan Yang Wajib Dimiliki Oleh Bisnis UKM

Dengan pencatatan dan pembukuan finansial yang memadai, bisnis yang baik memiliki pencatatan pengeluaran dan pemasukan usaha yang dapat dipantau secara detail. Selain itu, pembukuan yang benar juga akan bermanfaat dalam membantu mengambil keputusan dan pertanggungjawaban bisnis.

Sebelum menyusun laporan keuangan, 5 hal ini wajib diketahui oleh bisnis UKM :

1. Bahasa Laporan Keuangan

Penggunaan bahasa yang digunakan harusa dapat menjamin bahawa informasi dalam bentuk pembukuan akan tersampaikan atau dapat dipahami secara tepat kepada pihak yang membaca laporan tersebut.

2. Mata Uang Yang Dipakai

Laporan keuangan yang dibuat hendaknya mencerminkan kondisi perusahaan yang sebenarnya. Termasuk dalam hal penggunaan mata uang.

Jika dalam transaksi sehari-harinya lebih banyak menggunakan mata uang Rupiah, seperti perusahaan pada umumnya di Indonesia, maka laporan keuangan yang disajikan juga dalam mata uang Rupiah. Sehingga, benar-benar mencerminkan kondisi yang sebenarnya. Jika memakai lebih dari satu mata uang dipakai, maka cari software akuntansi yang multi currency. Hal ini dapat membantu bisnis Anda jika mengalami perusabahan kurs yang berlaku

3. Selalu Mencatat Transaksi (Update)

Pencatatan transaksi harus selalu dilakukan setiap kejadiaanya dan tidak boleh melewatkan satu transaksi untuk dicatat. Jika hal ini dilakukan informasi mengenai aktifitas usaha bisa didapat.

4. Tidak Mencampur Keuangan Pribadi dan Perusahaan

Sekecil apapun perusahaan anda, jangan mencampur adukan seluruh aktivitas keuangan perusahaan dengan pribadi. Termasuk rekening pribadi dan rekening perusahaan harus dipisahkan. Hal ini dilakukan agar informasi keuangan perusahaan menggambarkan aktivitas keuangan perusahaan yang sesungguhnya

5. Komponen Laporan Keuangan Yang Lengkap

Komponen lengkap laporan keuangan terdiri dari : Laporan Neraca, Laporan Laba Rugi, Laporan Arus Kas, Laporan Perubahan Modal, Laporan Atas Laporan, Laporan Jurnal, Laporan Buku Besar

5 Jenis Laporan Keuangan Yang Wajib Dimiliki

Oleh Bisnis UKM

5 Jenis Laporan Keuangan Yang Wajib Dimiliki Oleh Bisnis UKM

Hanya dengan Accurate Online semua masalah mengenai pencatatan dan pembukuan akan terselesaikan dengan cepat. Dapat diakses dimana saja, kapan saja, dengan smartphone yang Anda miliki dapat memantau bisnis Anda secara realtime.

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *