10 Tips Memilih Software Akuntansi Keuangan Perusahaan yang Baik? Jangan Sampai Salah Pilih

Memilih Software Keuangan yang Cocok untuk Bisnis Kamu

Dalam mengelola bisnis atau usaha hal terpenting adalah manajemen yang baik, dan salah satunya bagian yang penting dari manajemen adalah manajemen keuangan. Sayangnya sering sekali dari manajemen keuangan inilah yang menyebabkan perusahaan menjadi merugi,

“Kamu harus ingat salah satu penyebab utama dari bangkrutnya suatu bisnis adalah karena tidak adanya suatu sistem penunjang dalam hal pembukuan”

Adanya sebuah bentuk laporan keuangan merupakan sebuah petunjuk untuk para pelaku bisnis agar dapat segera untuk mengambil tindakan saat kondisi keuangan bisnis sedang dalam masa-masa kritis dan membutuhkan pertolongan.

Pentingnya Software Akuntansi keuangan :

Jika berbicara tentang keuangan atau akuntansi, maka yang ada dipikiran kita tentu angka-angka maupun perhitungan yang rumit. Dapat dibayangkan jika kamu bekerja dalam sebuah perusahaan dan harus mengelola keuangan perusahaan secara manual, maka kamu akan merasa sangat kesulitan. Pada zaman teknologi yang semakin berkembang seperti sekarang ini, kamu sudah dapat memanfaatkan software keuangan untuk membantu pekerjaan kamu. Pada artikel kali ini, nah pada kesempatan kali ini saya akan membahas beberapa cara dalam memilih software keuangan yang tepat untuk perusahaan.

Lalu tindakan apa yang harus kita persiapkan sebelum menentukan software akuntansi yang baik dan cocok dalam mengelola keuangan perusahan secara maksimal? agar tidak salah pilih, berikut tips – tips memilih software yang tepat

10 Tips Memilih Software Akuntansi

1. Pahami Kebutuhan 

Sebelum memilih software keuangan, kamu harus terlebih dulu menganalisis kebutuhan, baik dari aspek finansial maupun manajerial. Tidak perlu terburu-buru, luangkan waktu agar analisis kebutuhan kamu bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul terkait dengan keuangan. Penuhi diri kamu dengan informasi mendasar tentang keuangan. Hal ini akan membantu kamu dalam pemilihan software yang tepat.

2. Ajak bicara karyawan yang terlibat

Cara berikutnya yang bisa Kamu lakukan untuk mengetahui kebutuhan aplikasi akuntansi usaha adalah dengan membicarakannya dengan tenaga akuntan serta staf. Komunikasi dengan tenaga akuntan bisa membantu Kamu untuk memperoleh pertimbangan mengenai aplikasi akuntansi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis online.

Selain itu, komunikasi dengan para staf juga menjadi hal yang tak kalah pentingnya, terutama para karyawan yang terlibat dengan perlengkapan teknologi informasi perusahaan. Dari sini, Kamu bisa mengetahui ada tidaknya permasalahan ketika Kamu memilih sebuah aplikasi akuntansi. Dengan pengetahuan teknologi informasi yang mereka miliki, Kamu bisa memperoleh gambaran mengenai performa hardware dalam menjalankan aplikasi akuntansi.

3. Berapa Budget yang dikeluarkan

Pertimbangan pertama yang harus kamu perhatikan adalah berapa banyak Kamu bisa membayar saat ini. kamu bisa memilih pilihan aplikasi keuangan berbasis cloud dengan fitur lengkap yang murah.

4. Pilih Software yang Terpercaya

Memilih software keuangan yang kredibel memang tidak mudah, dibutuhkan waktu, usaha yang sungguh-sungguh, ketelitian, dan kebijaksanaan dalam memilih software yang tepat. Keputusan dalam memilih software keuangan akan berpengaruh terhadap berbagai aspek, mulai dari aspek administrasi, keuangan, dan seluruh aktivitas perusahaan. Bila saat ini kamu salah dalam mengambil keputusan untuk memilih software keuangan, maka beberapa tahun ke depan kemungkinan besar kamu harus mengeluarkan dana lagi untuk mengganti software keuangan yang baru. Untuk itu, memilih software yang kredibel sangat diperlukan.

5. Memenuhi Standar Indonesia (PSAK)

Program dalam software keuangan harus menghasilkan laporan keuangan yang memenuhi standar laporan keuangan di Indonesia. Software keuangan juga seharusnya tersedia dalam bahasa Inggris maupun Indonesia, mengingat kebutuhan perusahaan yang sifatnya join ventureantara pengusaha Indonesia dan pengusaha asing.

6. Menggunakan Teknologi Terkini

Pilihlah software keuangan yang menggunakan bahasa pemrograman yang terkenal alias tidak jadul. Software keuangan yang dipilih juga harus up to date serta tidak ketinggalan zaman sehingga user dapat dengan mudah mengoperasikannya. Dengan menggunakan teknologi terkini, setidaknya software tersebut akan dapat dipakai minimal lima tahun ke depan atau bahkan lebih. Namun, di era sekarang, kamu bisa memilih software akuntansi yang telah menggunakan teknologi berbasis Cloud.

7. Harga yang Ditawarkan

Jangan memilih software yang terlalu murah, namun tidak perlu juga memilih yang sangat mahal. Karena, software keuangan yang murah umumnya tidak memiliki fitur yang lengkap. Berbeda dengan software yang cukup mahal, umumnya fiturnya cukup lengkap. Tetapi software yang cukup mahal, biasanya digunakan untuk perusahaan-perusahaan skala besar dan jumlah transaksi yang terjadi pada perusahaan pun sudah cukup banyak. Sehingga sangat tepat untuk memilih software yang sesuai budget dan juga fitur yang dipakai sesuai untuk kebutuhan bisnis kamu.

8. Cari ulasan yang positif

Google adalah teman terbaik Kamu dan harus menjadi titik pertama dalam memulai penelitian Kamu. Lihat situs perbandingan perangkat lunak dan testimoni dari pengguna yang ada. Tandai software yang menurut Kamu baik, Kamu bisa menggunakan catatan dalam spreadsheet sederhana.

9. Undang untuk Presentasi

Kunjungi situs web penyedia software yang bersangkutan dan minta demo, atau biasanya Kamu bisa mencoba menggunakan software tersebut secara gratis selama beberapa hari. Selanjutnya, Kamu dapat mengajukan pertanyaan terkait dengan kebutuhan bisnis Kamu selama demo atau masa trial. Tonton video pengenalan aplikasi tersebut jika tersedia.

10. Lakukan uji coba (Trial Softwarenya)

Selalu uji coba sebelum membeli software apapun. Simulasikan transaksi yang terkait dengan bisnis Kamu dan periksa keakuratan laporan. Jika semuanya terlihat baik, Kamu sudah siap!

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *